My Blog

Kunci Jawaban Buku Tema Perubahan Lingkungan Kelas 5 SD

Perubahan Lingkungan

Perhatikan Kunci Jawaban Tema Buku Tema Kelas 5 SD Tema 8, halaman 52, 55, 56 dan 57.

Buku tema subtema 2 dalam buku tema ini bertemakan perubahan lingkungan.

Buku topik Topik 8 untuk kelas 5 SD edisi revisi 2017 berjudul Lingkungan Sahabat Kita.

Artikel ini dimaksudkan hanya sebagai bahan belajar dan untuk mengoreksi tanggapan siswa.

Kunci Jawaban Buku Tema Perubahan Lingkungan Kelas 5 SD

Lihat gambar-gambar di atas.

1. Apa pendapat Anda tentang dua gambar?

2. Gambar mana yang lebih indah untuk dilihat?

3. Dapatkah lingkungan seperti gambar A berubah seperti gambar B? Apa yang dipicu?

4. Dapatkah lingkungan berubah seperti pada Gambar B seperti pada Gambar A? Bagaimana?

5. Sebutkan bagaimana biasanya Anda melindungi lingkungan rumah dan sekolah Anda!

Jawaban:

1. Gambar A menunjukkan daerah yang subur, hijau cerah dan sumber air yang melimpah. Sementara itu, Gambar B menunjukkan daerah yang gersang dan gersang tanpa cadangan air.

2. Gambar yang lebih bagus untuk dilihat adalah Gambar A.

3. Ya, Anda bisa. Penyebabnya adalah hilangnya cadangan air tanah (sumber air) karena kurangnya daerah pengambilan air.

4. Ya, Anda bisa. Caranya adalah dengan selalu menyediakan daerah resapan air, menjaga hutan lindung sebagai daerah resapan air utama, dan selalu menyediakan daerah resapan air di kawasan pemukiman.

5. Cara yang biasa dilakukan untuk melindungi lingkungan rumah dan sekolah adalah:

– Selalu jaga kebersihan

– Menjaga kelancaran aliran air atau saluran pembuangan

– Menanam pohon atau bahkan bunga yang bermanfaat di lingkungan rumah dan sekolah

– Pintar dalam menggunakan air atau hemat air

Kunci Jawaban Buku Tema

Jawaban di halaman 55

Anda telah membaca teks “Siklus air tanah”. Peristiwa apa yang ada dalam teks? bagaimana urutannya Tuliskan pada diagram alir di bawah ini.

Jawaban:

siklus air tanah

acara 1
Air menjadi udara, meninggalkan tanah melalui penguapan, dan jatuh kembali ke tanah sebagai air hujan.

acara 2
Air, jatuh kembali ke tanah, kemudian masuk ke tanah dan bergerak melalui celah-celah atau pori-pori di tanah dan bebatuan.

acara 3
Tumbuhan mempunyai fungsi menyerap air yang masuk ke dalam tanah melalui akarnya dan pada akhirnya menjadi penyedia air atau sumber air.

Jawaban di halaman 56

Selesaikan tugas berikut bersama kelompokmu.

1. Tuliskan proses terbentuknya airtanah.

Jawaban:

proses air tanah:
Air memasuki udara dari tanah melalui penguapan dan kembali ke tanah sebagai air hujan. Air yang jatuh kembali ke tanah berupa air hujan kemudian masuk ke dalam tanah melalui celah-celah atau pori-pori di dalam tanah dan batuan. Air yang masuk ke dalam tanah kemudian diambil oleh tanaman melalui akarnya untuk kemudian menjadi air cadangan (sumber air).

2. Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah.

Jawaban:

Faktor-faktor yang mempengaruhi ketersediaan air tanah:

– Faktor alam: kondisi tanah, kondisi iklim.

– Faktor aktivitas manusia: illegal logging, penggundulan hutan lahan pertanian, perumahan, industri, pembangunan jalan aspal/beton yang mencegah air masuk ke dalam tanah.

Kunci Jawaban Buku Tema Perubahan Lingkungan Kelas 5 SD 

3. Tuliskan kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah.

Jawaban:

Kegiatan yang dapat kami lakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih:

– Pintar dalam menggunakan air atau hemat air

– Menanam pohon atau melakukan penghijauan

– Membuat lubang resapan

– Pengurangan pemborosan atau pemborosan

Jawaban halaman 57

mari kita coba

Kerjakan kegiatan berikut bersama kelompokmu (4-5 orang).

1. Siapkan air, batu bata, batu dan dua wadah seperti B. loyang.

2. Masukkan batu bata ke dalam panci. Taruh batu di panci lain.

3. Tuang air ke dalam panci setinggi 5 cm. Biarkan selama kurang lebih 1 jam.

4. Setelah 1 jam, pantau ketinggian air di setiap panci.

5. Apa pengamatan Anda? Apakah ada perbedaan ketinggian air di kedua panci?

Jawaban:

Pengamatan saya menunjukkan bahwa ada perbedaan ketinggian air di kedua panci.

6. Apa yang terjadi pada air dalam panci berisi batu bata?

Jawaban:

Apa yang terjadi pada air dalam panci berisi batu bata adalah airnya berkurang.

Kunci Jawaban Buku Tema Perubahan Lingkungan Kelas 5 SD

7. Apa yang terjadi pada panci yang diisi dengan batu-batu besar?

Jawaban:

Apa yang terjadi dengan panci yang diisi dengan batu-batu besar adalah bahwa tingkat air dipertahankan.

8. Apa itu air tanah?

Jawaban:

Air tanah adalah bagian dari air yang berada pada lapisan di bawah permukaan bumi.

9. Apa itu air permukaan?

Jawaban:

Air permukaan adalah air yang terkumpul di atas tanah atau di mata air, sungai, danau, rawa atau laut dan tidak terserap oleh tanah.

10. Manakah dari percobaan di atas yang menunjukkan terbentuknya air tanah dan mana yang menunjukkan terbentuknya air permukaan?

Jawaban:

Wajan yang menunjukkan terbentuknya airtanah adalah wajan yang berisi batu bata karena batu bata terbuat dari tanah liat yang dapat menyerap air. Sedangkan panci yang menunjukkan terbentuknya air permukaan adalah panci yang berisi bongkahan bongkahan batu karena bongkahan batu tersebut tidak dapat menyerap air.

Kunci Jawaban Buku Tema

mari kita bicara

1. Tuliskan hasil pengamatan dan analisis Anda. Kemudian bagikan hasil diskusi kelompok Anda dengan kelompok lain.

Jawaban:

Hasil pengamatan:

– Terdapat perbedaan ketinggian air pada loyang yang diisi dengan batu bata dan loyang yang diisi dengan bongkahan batu

– Dalam loyang yang diisi dengan batu bata, airnya berkurang

– Ketinggian air ditetapkan dalam kaleng berisi batu-batu besar

– Di atas loyang yang diisi dengan batu bata, itu menunjukkan pembentukan air tanah, karena batu bata terbuat dari tanah liat, yang dapat menyerap air

– Di atas loyang yang diisi dengan batu-batu besar, itu menunjukkan pembentukan air permukaan, karena batu-batu itu tidak dapat menyerap air

2. Berdasarkan hasil percobaan tersebut, jelaskan terjadinya air tanah dan air permukaan.

Jawaban:

proses air tanah:
Air memasuki udara dari tanah melalui penguapan dan kembali ke tanah sebagai air hujan. Air yang jatuh kembali ke tanah sebagai air hujan kemudian masuk ke dalam tanah melalui celah-celah atau pori-pori di dalam tanah dan batuan. Air yang masuk ke dalam tanah kemudian diambil oleh tanaman melalui akarnya untuk kemudian menjadi air cadangan (sumber air).

Proses munculnya air permukaan:
Air permukaan terjadi karena air hujan tidak terserap ke dalam celah-celah atau pori-pori tanah, yang kemudian meluap

atau di permukaan tanah.

Mari berpikir

Hari ini saya belajar tentang siklus air tanah dan air permukaan.

kegiatan bersama orang tua

Diskusikan dengan orang tua Anda kegiatan apa yang dilakukan keluarga Anda untuk menjamin ketersediaan air tanah. Masukkan hasilnya pada tabel di bawah ini.

Disclaimer: Kunci jawaban hanya untuk bimbingan orang tua dalam membimbing proses belajar anak contohsoal.co.id tidak bertanggung jawab atas jawaban yang salah.

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan terbuka, artinya ada beberapa jawaban yang tidak ditentukan seperti di atas.

Exit mobile version