Semua Kunci Jawaban Untuk SD Kelas 6

Kunci Solusi untuk Topik 9 Kelas 6 SD Buku Tema untuk Pembelajaran Subtopik 2 6

Berikut ini adalah Kunci Solusi untuk Topik 9 Kelas 6 SD Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136, 137, 138 dan 139 Buku Tema untuk Pembelajaran Subtopik 2 6.

 

Buku topik Topik 9 untuk kelas 6 SD kurikulum 2013 edisi revisi 2017 ini berjudul Menjelajah Luar Angkasa.

 

Pelajaran 6 Subtopik 2 di kelas 6 SD buku topik topik 9 ada cerita yang disebut Mimpi Masa Kecil Belitong.

 

Kunci solusi ini menjadi pedoman bagi orang tua atau wali dalam mengoreksi hasil belajar anak.

 

Baca juga: Kunci Solusi Topik 2 Kelas 3 SD Page 38 39 40 41 42 Buku Topik Sub Topik 1 Pembelajaran 5

 

Halaman kunci solusi 131

 

Ayo tonton

 

Perhatikan baik-baik gambar berikut! Saat bulan mengorbit bumi, Anda akan melihat berbagai manifestasi bulan seperti yang terlihat dari bumi, berubah dari hari ke hari. Apa yang ingin Anda ketahui tentang perubahan fase bulan? Apakah itu mempengaruhi kehidupan manusia di bumi?

 

Jawaban:

 

Fase bulan mempengaruhi pasang surut air laut di Bumi

Bersama sekelompok teman, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perubahan fase bulan yang sedang terjadi. Anda dapat menggunakan sumber informasi apa pun untuk memahaminya. Baca, pahami, dan olah informasi yang diterima menjadi poster yang menarik dan informatif. Tempelkan poster di dinding kelas, kemudian lakukan galeri tour dan berikan masukan kepada setiap kelompok di kelas.

 

Jawaban:

 

  1. Bulan Baru (New Moon)

 

Pada fase bulan baru, bulan berada di antara bumi dan matahari, sehingga sisi bulan yang menghadap bumi tidak terlihat karena tidak menerima sinar matahari secara langsung. Fase ini adalah fase yang memungkinkan terjadinya gerhana

 

  1. Bulan Sabit Muda (Growing Crescent)

 

Pada fase ini, bagian bulan yang terkena sinar matahari kurang dari setengahnya. Bulan dilihat oleh bumi berbentuk bulan sabit karena cahaya yang dipantulkan hanya dari bulan sabit yang sampai ke bumi. Bulan sabit semakin besar setiap hari.

 

Bulan sabit ketiga (kuartal pertama)

 

Seminggu setelah bulan baru, bulan bergerak 90 derajat lebih jauh di langit dari matahari. Pada tahap ini kita dapat melihat bahwa separuh bulan terang dan separuh bulan adalah bayangan.

 

  1. Humpback Moon (Sebelumnya Convex Moon / Waxing Gibbous)

 

Iklan untuk Anda: Apakah Anda ingin melihat istri Arab tercantik di dunia?

iklan oleh

Pada fase ini, bulan berada sedikit di belakang bumi. Bagian yang terkena sinar matahari adalah 3/4nya. Jadi jika kita melihat bulan dari Bumi, bentuknya menjadi cembung, atau 3/4 dari bulan.

  1. Bulan Purnama (Full Moon)

 

Fase bulan purnama terjadi ketika matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis lurus. Bulan purnama terjadi ketika bulan berada di seberang bumi. Posisi ini membuat seluruh permukaan bulan yang menerima sinar matahari terlihat dari Bumi. Sedangkan sisi terjauh bulan adalah sisi gelapnya. Bulan purnama biasanya terjadi antara hari ke-14 dan ke-15.

 

  1. Humpback Moon (ujung cembung / memudar gibbous)

 

  1. Humpback Moon (ujung cembung / memudar gibbous)

 

vila global

Sebuah rumah di pantai Massachusetts dengan tepi laut 1.500 kaki

Disponsori oleh Mansion Global

Lihat lainnya

Di tengah jalan, fase bulan kembali ke awal. Bulan terus bergerak ke arah barat, sehingga cahaya matahari sedikit tertutup oleh bumi. Akibatnya, bulan terlihat cembung (3/4 bulan) dari Bumi.

 

Bulan Sabit ke-7 (Kuartal Ketiga)

 

Pada fase ini bulan terlihat setengah bulat, sehingga bulan terlihat setengah lingkaran jika dilihat dari bumi.

 

  1. Bulan Sabit Tua (Winging Crescent)

 

Pada fase ini, bulan kembali berbentuk bulan sabit. Pada titik ini, bulan telah mengorbit bumi hampir sekali. Pada akhir fase bulan ini, bulan akhirnya kembali ke posisi awal (bulan baru), dimana ia berada di depan bumi dan tidak terlihat lagi.

 

Mari membaca

Oleh Yudi Suharso

 

Akhir pekan ini Andi pergi berlibur bersama ayahnya ke Pulau Belitong di Provinsi Bangka Belitung. Andi sedang berlibur bersama ayahnya yang lahir di Pulau Belitong.

 

Ini bukan kunjungan pertama Andi ke Pulau Belitong. Namun, kunjungan ini adalah sesuatu yang istimewa. Karena selain hari raya, Andi juga ingin meliput secara jurnalistik tentang anak-anak Belitong. Di SD tempat Andi bersekolah di Jakarta, Andi mengikuti kegiatan ekstrakurikuler jurnalis anak.

 

Vila Global

Mansion termahal di Dubai adalah megamansion besar yang telah terjual seharga AED 280 juta

Disponsori oleh Mansion Global

Lihat lainnya

Di Minggu pagi yang cerah ini, Andi dan ayahnya mengunjungi salah satu pantai pasir putih di Pulau Belitong. Ini pemandangan yang indah.

 

“Ayah, bolehkah saya bermain di sana? Sepertinya anak-anak Belitong seusia saya sedang bermain di pantai. Saya ingin berbicara dengan mereka, membuat laporan, ”tanya Andi kepada ayahnya yang mengangguk setuju.

 

Andi mendekati sekelompok empat anak laki-laki yang sedang bermain pasir mencari rumah kerang.

 

“Halo! Apakah kamu tinggal di daerah ini? Nama saya Andi, saya sangat ingin mengenal Anda,” kata Andi.

 

Ternyata Andi disambut hangat oleh anak-anak asal Belitong. Dari ide tersebut Andi mengetahui bahwa keempat anak tersebut bernama Nadi, Umar, Amir dan Syahdan.

 

Andi kemudian berbicara dengan anak-anak tentang berbagai hal. Dan untuk tugas jurnalistiknya, Andi kemudian menanyakan cita-citanya masing-masing.

 

Iklan untuk Anda: Seluruh Indonesia kaget! Diabetes mudah diobati (lihat di sini)

iklan oleh

“Saya ingin jadi guru, Andi,” kata Nadi. “Saya ingin mengajarkan banyak hal kepada anak-anak Belitong agar mereka berdaya dan menguasai ilmu pengetahuan.”

 

Jika saya ingin menjadi dokter. Saya ingin bisa mengobati penduduk pulau ini ketika mereka sakit,” kata Umar.

 

Saya ingin menjadi seorang pengusaha. Saya ingin memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di pulau ini,” jelas Amir tentang tujuannya.

 

Kini giliran Syahdan yang sempat linglung mendengarkan keinginan teman-temannya.

 

“Tujuan saya bukan jadi apa atau siapa, Andi. Saya hanya ingin belajar dan belajar setinggi-tingginya walaupun bisa ke luar negeri,” jelasnya.

 

Mari berpikir

 

Nilai dan sikap apa yang perlu Anda kembangkan untuk meningkatkan upaya persatuan dan kesatuan dalam komunitas Anda? Menurut Anda apa yang dapat mengganggu upaya persatuan dan kohesi persekutuan di sekitar Anda? Jelaskan cara mengatasinya.

 

kerjasama dengan orang tua

 

Bicaralah dengan orang tua Anda untuk merancang kegiatan di lingkungan rumah Anda yang dapat meningkatkan upaya menuju persatuan dan integritas nasional.

 

Exit mobile version