Semua Kunci Jawaban Untuk SD Kelas 6

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Buku Tematik Halaman

Kunci jawaban

Berikut ini adalah kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD/MI Subtema 1 Pembelajaran Buku Tematik 4 halaman 28, 29, 30, 31 dan 33.

Soal-soal dalam Kunci Jawaban ini berkaitan dengan kenampakan darat dan air.

Kunci solusi dalam artikel ini hanya dimaksudkan untuk membandingkan jawaban orang tua dan anak dengan apa yang telah dipelajari selama ini.

Sebaiknya orang tua dan anak membaca dan mengerjakan setiap soal terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban ini.

Kunci JAWABAN Topik 9 Buku Topik Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 149 Subtopik 3

Kunci solusi halaman 28 – 29

Ayo tonton

Penampakan alam disebut juga dengan landscape. Indonesia memiliki bentang alam yang berbeda di setiap daerah. Ada daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada orang yang tinggal di daerah pegunungan. Ada juga warga yang tinggal di daerah pesisir.
Kenampakan alam terbagi menjadi dua bagian yaitu kenampakan alam permukaan tanah dan kenampakan permukaan air. Ayo lakukan kegiatan berikut.

mari berdiskusi

Bentuklah kelompok yang terdiri dari empat anak. Menemukan informasi tentang kenampakan alami permukaan tanah dan kenampakan alami permukaan air serta sifat-sifatnya. Jika kelompok Anda mencari informasi di Internet, mintalah bantuan orang tua atau orang dewasa Anda.

Jawaban:

Tampilan alami dari area daratan

gunung pertama

Kunci JAWABAN Topik 9 Buku Topik Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 149 Subtopik 3

Kami mengandalkan kompetisi global kami, Unilever Future Leaders’ League. Lebih dari sepuluh…
Disponsori oleh Unilever
Lihat lainnya
Sifat karakteristik:
– Dataran tinggi
– Udaranya cenderung dingin
– Ada banyak lereng
– Vegetasi dominan teh/kopi/salad/daun bawang dll.

lembah ke-2

Sifat karakteristik:
– dataran rendah di kaki gunung
– suhu dingin
– biasanya dekat sungai
– memiliki bagian bawah yang curam dan berdinding tajam

3. Dataran Tinggi

Sifat karakteristik:
– tanah datar di lokasi pegunungan
– biasanya digunakan sebagai tempat tinggal
– keberadaan fauna dan fauna yang beragam
– Tanah di tepi lereng rawan longsor

Kunci JAWABAN Topik 9 Buku Topik Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 149 Subtopik 3

4. Dataran Rendah

Iklan untuk Anda: Seluruh Indonesia kaget! Diabetes mudah diobati (lihat di sini)
iklan oleh
Sifat karakteristik:
– tanah datar di permukaan bumi
– biasanya daerah perkotaan/berpenduduk
– tidak ada lereng/lantai yang curam
– suhu udara lebih panas

5. Pantai

Sifat karakteristik:
– Ada pasir
– suhu udara lebih panas
– Vegetasi yang tumbuh di pantai terdiri dari pohon kelapa, mangrove atau tanaman keras lainnya
– Fauna laut yang ditemui adalah kepiting, lobster dan ikan-ikan kecil
– Udara pantai bercampur dengan angin laut dan darat

Baca Juga: Kunci Solusi Topik 2 Kelas 3 SD Halaman 120 121 122 123 124 Buku Topik Subtopik 3

Penampilan alami dari permukaan air

Kunci JAWABAN Topik 9 Buku Topik Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 149 Subtopik 3

Kami mengandalkan kompetisi global kami, Unilever Future Leaders’ League. Lebih dari sepuluh…
Disponsori oleh Unilever
Lihat lainnya
laut pertama

Sifat karakteristik:
– perairan yang sangat luas
– Air cenderung bergerak
– kandungan garam yang sangat tinggi
– memiliki terumbu karang dan berbagai fauna laut
– Sinar matahari tidak dapat menembus permukaan laut

danau ke-2

Sifat karakteristik:
– kondisi air tenang
– Semakin dalam laut, semakin keruh
– kandungan garam rendah

Kunci JAWABAN Topik 9 Buku Topik Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 149 Subtopik 3

3. sungai

Sifat karakteristik:
– memiliki aliran air
– terdiri dari batu-batuan kecil
– Sungai besar memiliki fauna yang lebih beragam dan lebih besar
– memanjang atau berbelit-belit

Iklan untuk Anda: Seluruh Indonesia kaget! Diabetes mudah diobati (lihat di sini)
iklan oleh
4. Yah

Sifat karakteristik:
– laut yang menjorok ke darat
– terletak langsung di laut, berbatasan dengan darat
– memiliki komposisi tanah/pasir yang lembut dan kasar secara bergantian

5. Selat

Sifat karakteristik:
– Perairan antara dua pulau
– Area dibatasi oleh pulau
– Keanekaragaman fauna seperti laut
– kandungan garam tinggi

Baca Juga: Solusi Kunci Topik 1 Kelas 3 SD Page 22 23 24 27 28 29 30 31 Subtopik 1 Pelajaran 3

Kunci JAWABAN Topik 9 Buku Topik Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 149 Subtopik 3

Kami mengandalkan kompetisi global kami, Unilever Future Leaders’ League. Lebih dari sepuluh…
Disponsori oleh Unilever
Lihat lainnya
halaman kunci solusi 30

Mari membaca

Gambar halaman 30
Gambar diambil dari halaman 30 (Buku Tema Kelas 5 Tema 9)
Dari bacaan di atas, dapat disimpulkan bahwa barang atau barang berbeda di setiap daerah. Tidak hanya itu, air di laut akan berbeda dengan air di pegunungan. Bisakah Anda membedakan antara air laut dan air pegunungan? Tulis pada kolom berikut.

Jawaban:

air laut:

– Asin
– Kandungan garam tinggi
– warna bening
– kandungan garam tinggi
– Ada perbedaan suhu permukaan dan air laut

Iklan untuk Anda: Seluruh Indonesia kaget! Diabetes mudah diobati (lihat di sini)
iklan oleh
air pegunungan:

– penawaran
– Salinitas rendah
– biasanya berasal dari sumber
– dapat digunakan sebagai air minum
– tidak dapat mengkristal, tetapi dapat membeku

halaman kunci solusi 31

Kunci JAWABAN Topik 9 Buku Topik Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 149 Subtopik 3

 

Ayo tonton

Berbicara tentang air, perhatikan iklan berikut.

Gambar halaman 31
Gambar diambil dari halaman 31 (Buku Tema Kelas 5 Tema 9)
Apa isi dari kedua iklan pada gambar di atas?

Lihat kedua iklan tersebut. Kemudian bagikan pendapat Anda tentang iklan tersebut di depan teman-teman Anda.

Tulis juga pendapatmu di kolom berikut.

Jawaban:

Isi iklan tersebut adalah:

Tampilan 1
– Judul : Depot air isi ulang
– Ilustrasi: pegunungan dan aliran mata air
– Teks iklan: “Pemrosesan kebersihan dalam 3 tahap.”
– Foto Produk: Ya
-Logo: Tidak ada

iklan 2
– Judul: ACENG PRO
– Ilustrasi: Berbagai jenis air mineral
– Teks iklan: “Terima pemasangan depot air isi ulang”
– Foto Produk: Ya
-Logo: Tidak ada

Kunci JAWABAN Topik 9 Buku Topik Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 149 Subtopik 3

Baca halaman 32

Pak Tagor mengajak Siti dan teman-temannya untuk membersihkan parit kecil di samping sekolah. Pak Tagor meminta anak-anak membersihkan sampah yang menyumbat aliran air. Pak Tagor juga meminta anak-anak mencabut rumput liar di sepanjang parit. Siti dan teman-teman suka melakukan itu
aktivitas ini. Mereka rukun dan bekerja sama untuk menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan nyaman.

Hidup dalam harmoni sangat menyenangkan. Kehidupan yang harmonis harus dibangun, baik dalam keluarga, di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Siti bekerja dengan teman-teman seperti pada gambar di atas, mencerminkan kehidupan yang harmonis.

Selain apa yang ditunjukkan pada gambar sebagai contoh, Anda hidup selaras dengannya, misalnya
Membantu orang yang membutuhkan atau dalam kesusahan. Dengan hidup rukun, kita turut memperkuat persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Baca Juga: Kunci Solusi Topik 9 Kelas 5 Buku Topik SD Page 21 23 24 25 Subtopik 1 Pelajaran 3

halaman kunci solusi 33

Ayo berlatih

Apa manfaat hidup rukun bagi Anda?

Tulis pada kolom berikut.

Jawaban:

Manfaat hidup rukun adalah terciptanya lingkungan sosial yang aman, tentram, dan tentram.

Baca terus di contohsoal.co.id

Exit mobile version